Rabu, 27 Maret 2013

Musuh Jadi Sarang

Inilah dunia baruku setelah menyelesaikan SMPku. Sekarang ini aku telah ada di bangku SMK. Aku memilih jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang sebenarnya bukanlah impianku untuk bergelut didalamnya. Aku sejak SMP ingin mendalami ilmu arsitek. Akan tetapi di daerah Kabupaten Batang tak ada SMK jurusan arsitek. Aku membayangkan jika TKJ itu mengajarkan desain juga, akhirnya aku memilih TKJ.


Aku sebenarnya tidak suka dengan kegiatan MOS yang dilaksanakan oleh Pengurus OSIS SMK Negeri 1 Batang. Mereka seakan membalas dendam atas perlakuan seniornya kepada siswa baru termasuk aku. Aku pernah berkeputusan untuk tidak mengikuti kegiatan OSIS maupun Pramuka. Namun itu berubah ketika aku berpikir itu perlu saya ikuti dan aku harus berkontribusi dalam kegiatan.

Ceritanya seperti ini. Sewaktu pulang sekolah di dalam bus Pekalongan-Sukorejo aku bertemu mbak Erma. Mbak Erma adalah seorang pengurus OSIS. Dia menjabat sebagai bendahara. Dia mengajak agar aku mengikuti LDK. Aku tak mengenal LDK sama sekali dari SMP. Namun dia menjelaskan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) adalah kegiatan pelatihan kepada calon pengurus OSIS sehingga siap saat ada kegiatan kaderisasi. Waktu itu aku menjawab tidak karena aku benci dengan kegiatan keOSISan.

Ajakan itu masih terus mengiang di kepalaku. Aku mencoba menelaah apa yang sedang aku pikirkan. Aku melihat kakak sepupuku yang dulu juga pernah aktif di SMA. Ada perbedaan antara yang mengikuti dan yang tidak. Sehingga aku putuskan untuk mencoba mengikuti LDK dan seleksinya.

Hari pertama oleh Cakup Rohim (Ketua OSIS) penyeleksian dilakukan dengan cara random tanpa melihat fisik dan kemampuan. Dia memilah-milah calon pengurus itu untuk mengetes mental untuk hari selanjutnya. Seleksi berlanjut sekitar 1 minggu hingga aku sering pulang malam bersama Sutrisno. Sutrisno adalah mantan Seksi Bidang KTTYME yang masuk terakhir menggantikan Khairul Huda yang mengundurkan diri. Bersama dia aku mulai belajar dan berjuang. Ada temanku yang bernama Tri Meiningsih dia juga seperjuanganku. Aku dan Tri Meiningsih pernah menyampaikan pertanyaan pada Sutrisno "Apakah seleksinya akan dipilih yang sudah dikenal saja?". Dalam hati pesimis itu ada karena banyak siswa lain yang lebih dekat dan akrab dengan panitia.

Seleksi berkelanjutan ke kemah selama 2 hari 1 malam di Jambangan dan kembali ke SMK lagi. Pada waktu di Jambangan Sutrisno bersedia menjadi calon Ketua OSIS. Di SMK ada tahap terakhir yaitu wawancara. Aku sempat ditanya tentang pengalaman organisasi. Aku jawab jika aku hanya memiliki pengalaman sebagai Anggota Pramuka saja dan untuk OSIS sama sekali belum pernah. Mereka juga bertanya jika aku lolos dalam seleksi, bidang apa yang akan dipilih? Aku jawab kesenian.

Sutrisno terpilih sebagai ketua OSIS. Setelah menunggu beberapa saat aku dan beberapa teman yang mengikuti LDK dipanggil kembali dan mendengarkan pengumuman. Saat itulah aku masuk dalam daftar lolos bersama Tri Meiningsih. Aku diberikan kepercayaan sebagai Seksi Bidang PAKS2 bersama Rudi Hartarto (Kakak kelas) sedangkan Tri Meiningsih sebagai Seksi Bidang KTTYME bersama Sugiharto.
Susunan Lengkap Kepengurusan OSIS Masa Bakti 2007/2008 adalah sbb :

1Ketua Umum
:
Sutrino

2
Wakil Ketua I
:
Supeno Slamet

3
Wakil Ketua II
:
Mochtahali

4
Sekretaris Umum
:
Widhi Hastuti

5
Sekretaris I
:
Sri Dianah

6
Sekretaris II
:
Kanthi Madhani

7
Bendahara I
:
Kristowati

8
Bendahara II
:
Triyas Suryaningsih

9
Sie. KTTYME I
:
Sugiharto

10
Sie. KTTYME II
:
Tri Meiningsih

11
Sie. PPBN I
:
Rizky Cezwendy

12
Sie. PPBN II
:
Edi Susilo

13
Sie. KBBN I
:
Sudarmono

14
Sie. KBBN II
:
Dwi Suharlina

15
Sie. KBPL I
:
Rohningsih

16
Sie. KBPL II
:
Suswati

17
Sie. BPPK I
:
Lukman Ulfaris

18
Sie BPPK 2
:
Edi Afrianto

19
Sie. KDK I
:
Widiyati

20
Sie. KDK II
:
Muh. Syafiudin

21
Sie. KJDK I
:
Han Muqorobin

22
Sie. KJDK II
:
Aris Riyadi

23
Sie. PAKS I
:
Rudi Hartarto

24
Sie. PAKS II
:
Lukman Hadi Lukito

Ruang OSIS yang dahulu merupakan musuh sekarang menjadi sarang bagiku.

Pengurus OSIS Masa Bakti 2007/2008