Selasa, 26 Maret 2013

Bondo Nekat

Bondo Nekat atau lebih dikenal dengan istilah Bonek adalah budaya hancur yang datang dari suporter daerah Jawa Timuran. Di Batang juga telah lama mengenalnya. Bonek biasa beroperasi pada malam hari Jum'at Kliwon, malam konser musik, atau Minggu pagi. Mereka ingin bermain ke pusat keramaian dengan cara menumpang sebuah truk secara paksa. Menghentikan truk dengan mempertaruhkan diri di tengah jalan. Sasaran utamanya adalah truk sap-sapan yang digunakan untuk mengangkut sepeda motor dari pabriknya.


Aku pernah menjadi anggota aktif bonek di malam Jum'at Kliwon dan konser musik. Pulang hingga malam jam 2 karena tak dapat truk untuk ditumpangi. Namun itu dianggap biasa karena bonek identik dengan anak jalanan yang memakai kaos hitam.

Aku tahu mulai tahu bahwa bonek itu berbahaya. Telah banyak korban berjatuhan karena bonek. Aku sendiri pernah merasakan terserempet bus saat mencoba menaiki truk akan tetapi tak terjadi apa-apa. Aku juga pernah melihat ketika 2 kelompok masa yang tawuran dalam truk yang sedang melaju. Mulai itulah aku kapok untuk melanjutkan aktifitas bonek. Lebih baik jangan pernah merasakan bonek sama sekali jika ingin selamat.