Jumat, 09 Agustus 2013

Berjumpa FAKTA

Setelah beberapa bulan di Jogja. Aku yang memang suka dengan kegiatan mencoba mencari pengalaman dengan berbekal pernah mengikuti kegiatan Forum Anak Jawa Tengah 2008 di Salatiga yang dulu forum ini bernama FACEVA (Forum Anak Central Java).


Dengan niat yang pasti, aku mencari informasi menggunakan media sosial. Aku menemukan Forum Anak Kota Yogyakarta yang disingkat dengan FAKTA. Nama yang simpel namun penuh bermakna. 

Pertama kali mencoba menyambung komunikasi dengan FAKTA, aku disambut oleh Retno Wijayanti yang merupakan keturunan Kraton Yogyakarta. Dia memiliki nama tambahan yaito Raden Roro. Satu orang lagi bernama A'an Fajar Lestari. Meskipun dia memiliki sakit yang kadang-kadang kambuh namun dia tetap semangat berkecimpung di dunia anak hingga saat ini. Dia adalah pionir pendidikan untuk anak dengan mendirikan Bimbingan Belajar untuk anak kurang mampu yang bernama Canau (Cangkruk Sinau) Lestari. Sekarang ini Canau Lestari telah membuka tempat belajar di Kulonprogo dan Bantul. Targetnya semua kabupaten dan kota akan ada Canau Lestari, bahkan keinginannya agar anak kurang mampu mendapatkan pendidikan dapat terpenuhi.

Mereka berdua adalah orang hebat yang saling mengisi. Akupun tak mengira bahwa perkenalanku dengan mereka saat mereka menyambut aku di FAKTA, mereka sekarang membuktikan bahwa mereka adalah orang hebat.

Aku disambut melalui jejaring sosial. Setelah ngobrol beberapa topik pembicaraan, aku diajak untuk mengikuti acara rutin anak-anak FAKTA di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, yaitu TMP dimana Jenderal Sudirman dimakamkan. Aku sempat heran kenapa TMP dijadikan tempat berkumpul. Ternyata TMP di kota Yogyakarta ini berbeda dengan di Batang. TMP di Yogyakarta ini memiliki aula yang cukup luas dan kantor pengelola makam. Disinilah FAKTA memiliki basecam kecil untuk menyimpan beberapa berkas penting seperti statuta, SK Walikota, Tulisan Pejabat daerah tentang Forum Anak hasil audiensi, dan karya-karya lainnya. Dan disini pula mereka berkumpul dengan hikmad untuk merancang kegiatan dan konsolidasi pengurus/anggota.

Aku belajar banyak dari forum yang digelar saat itu. Aku termotifasi dengan berpikir mudah untuk melaksanakan kegiatan di Kabupaten Batang. Disinilah aku merasa bahwa perjuangan sebenarnya adalah seperti yang dilakukan teman-teman FAKTA ini.