Jumat, 09 Agustus 2013

GPKB dan Ekspedisi Batang

Gallery Photo Kabupaten Batang (GPKB) sebenarnya lahir sejak tahun 2008. Kemudian ditetapkan pada tanggal 28 Oktober sebagai hari jadinya. Pada 7 Juli 2013 ditetapkan pembentukan organisasi Gallery Photo Kabupaten Batang.


GPKB mulai aku rintis di sebuah lab KKPI TKJ SMK N 1 Batang. Modal awal adalah kesukaan mengotak atik blog dengan tampilan menarik. Kemudian berpikir bagaimana blogger ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Ditemukanlah bahwa Kabupaten Batang banyak yang belum mengenalnya.

Tahun 2008 adalah awal pengenalan Facebook. Banyak masyarakat yang narsis melalui facebook. Bedasarkan tersebut ditemukan bahwa foto adalah media yang bagus untuk digunakan sebagai media promosi daerah. Pertama dirintis, foto yang digunakan diambil dari berbagai sumber blog lainnya.

Pada tahun 2009, aku bersama Muh Syafiudin (sekarang menjabat Sekretaris) mencari foto tentang bangunan yang berada di kabupaten Batang. Pada tahun 2011, aku, Galih Eka R (sekarang menjabat Divisi Jarkom), dan Atika, Pilos, dan Puji mencoba menelisik curug Genting di Blado. Di tahun yang sama aku pernah meminjam kamera milik OSIS SMK N 1 Batang dan kamera milik Sang Kucing untuk melakukan ekspedisi bangunan di jalan utama penghubung kecamatan di Kabupaten Batang. Kegiatan inilah yang mengawali ide adanya Ekspedisi Batang.

Ekspedisi Batang adalah suatu kegiatan yang dilakukan GPKB dalam mengeksplorasi kekayaan potensi kabupaten Batang berupa sosial, wisata dan budaya baik yang telah dikenal maupun belum dikenal untuk dapat dipromosikan dan kemungkinan dikembangkan menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Saat ini Ekspedisi Batang telah dilaksanakan secara resmi sebaganyak 2 kali di tahun 2012 dan 2013. Di tahun 2012 mengangkat tema "Mengenal Lebih Dekat Kabupaten Batang" dengan mengunjungi semua potensi Kabupaten Batang terutama potensi wisata. 2013 "Melihat dan Menuliskan Budaya" dengan mengunjungi peninggalan budaya, sosialisasi cagar budaya, mendiskusikan, dan menuliskan budaya.

Rencana tahun 2014 adalah Sejarah dan Legenda, dan 2015 adalah Pariwisata dan Budaya. Kedepannya kegiatan ini dapat menjadi kegiatan resmi yang memungkinkan siswa di Kabupaten Batang, khususnya SLTA dapat mengikuti langsung untuk mengenal Kabupaten Batang sebelum merantau ke daerah lain untuk melanjutkan belajar atau bekerja.