Jumat, 26 April 2013

Logo OSIS SMK N 1 Batang

Aku memiliki sedikit cerita. Saat itu aku sedang ditugaskan di salah satu kegiatan tingkat provinsi. Aku berkumpul dengan siswa lain yang merupakan sekolah besar yang ternama karna prestasi akademiknya. Saat itu mereka memulai dengan bercerita sekolahnya. Seperti biasa aku mendengarkan dan membayangkannya. Sangat asyik jika semuanya dapat diimplementasikan di SMK N 1 Batang. Tiba - tiba mereka membahas logo sekolahnya, kemudian aku ditanya logo sekolahmu bagaimana? Aku jawab belum ada.

Logo sekolah menjadi gambaran arah dan tujuan sekolah. Meskipun itu semua dapat dilihat melalui visi dan misi sekolah akan tetapi logo sekolah menjadi gambaran untuk orang awam yang hanya melihat dan tidak sempat membaca visi dan misi yang ada.

Aku berpikir, setidaknya ada logo yang dapat membangkitkan semangat siswa SMK N 1 Batang meskipun itu bukan logo sekolah. Berhubung aku memiliki kebijakan di OSIS SMK N 1 Batang maka aku menggunakannya untuk dibuatkan logo yang jelas dan dapat diterima semua warga SMK N 1 Batang.

Sebelum aku membuatnya, aku mencari informasi apakah sebelumnya pernah ada logo OSIS SMK N 1 Batang yang pernah dibuat? Ternyata pada tahun 2004/2005 pernah ada logo namun hanya lingkaran dan isinya. Logo itu terlalu kaku untuk dijadikan logo tetap. Semua yang dicitakan belum dapat menggambarkan kegiatan OSIS SMK N 1 Batang. Akhirnya aku mencoba membuat dengan penggabungan beberapa logo yang dapat mewakili visi dan misi OSIS SMK N 1 Batang.

Pemilihan warna juga disesuaikan dengan keselarasan SMK N 1 Batang yaitu Hijau, Kuning, Biru, Merah, dan Putih. Makna dari logo itu dapat dilihat di Profil OSIS SMK N 1 Batang. Hingga kini logo itu sudah paten dan digunakan seterusnya oleh OSIS SMK N 1 Batang.

Logo OSIS SMK N 1 Batang