Senin, 22 September 2014

Aplikasi Pengenalan Cagar Budaya Kabupaten Batang

Beberapa hari yang lalu tim Batang Gallery yang terdiri dari (Aku, Mas Vicky, Muh Syafiudin, dan Danny) mengikuti lomba Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat Kabupaten Batang. Kami mengangkat konsep penerapan Aplikasi Pengenalan Cagar Budaya Kabupaten Batang.

Sebulan sebelumnya, aku mendapatkan informasi dari sebuah forum dan teman jejaring sosial lainnya. Aku sebenarnya sudah memiliki Sistem Informasi Pengolahan Data Cagar Budaya Kabupaten Batang yang pernah menjadi judul kerja praktik di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batang. Aku telah membuatnya hingga produknya sudah siap. Dalam setiap kegiatanku apapun kalo bisa dapat memberikan hal yang lebih baik untuk lingkunganku. Aku mengalami kesulitan ketika ingin mencari data cagar budaya, begitu juga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batang yang kadang kualahan untuk mengolah data tersebut. Sehingga Kerja Praktik ku saat itu adalah menyelesaikan masalah itu.

Setelah itu sukses dan mendapat kabar adanya lomba Krenova Kab Batang 2014. Aku menyerahkan program yang sudah aku buat kepada Muh Syafiudin untuk dikonversi menjadi Aplikasi berbasis Android dengan maksud agar dapat portabel dibawa kemana - mana sehingga Pelajar dan Masyarakat Kabupaten Batang dapat dengan mudah belajar dan langsung ketempat cagar budaya berada.

Muh Syafiudin meminta desain kepada Danny untuk layout dan kemudian diproses oleh Muh Syafiudin menjadi sebuah aplikasi. Beberapa kali mengalami perombakan dan kemudian terakhir adalah masalah ikon. Dikarenakan akan dipublikasi maka akun harus disesuaikan agar masyarakat mengerti. Dalam ilmu Interaksi Manusia dan Komputer ikon sangat berpengaruh agar dapat dikatakan user friendly. Disinilah terjadi perombakan ikon utama yang harus diselesaikan semalam sesuai kebutuhan Muh Syafiudin.
Ikon Awal

Revisi Ikon

Aku tanpa konfirmasi ke Danny, karena posisinya di Jogja kita butuh koordinasi cepat maka saya gantikan dengan membuatkan ikon dan terpilihlah candi sebagai wakil dari cagar budaya yang jelas apabila orang melihat candi maka akan berpikir benda sejarah dan sebagainya.

Saat lomba kami menjelaskan tentang aplikasi. Namun aku pikir semua orang yang memiliki ilmu software development dapat membuatnya. Aku mencoba cari cara agar aplikasi yang kami buat tidak dapat dibuat orang lain. Ketika itu aku terpikir tentang data. Perlu diketahui bahwa data yang kami miliki sering kali diminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batang dan BAPPEDA Kabupaten Batang. Dari sinilah kami meyakinkan bahwa proses pengumpulan data inilah yang menjadi nilai lebih.

Pada tanggal 19 September 2014 kami mendapatkan informasi bahwa kami juara 1. Disinilah aku tersenyum bahwa passion yang dicari sejak 2008 mulai ada manfaatnya. Semoga aplikasi ini bermanfaat untuk Masyarakat Batang. Anda bisa download gratis di www.batangggallery.or.id





Pada saat pembukaan Batang Expo 2014 kami menerima penghargaan dari Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo. Senyumannya menyambar. Mungkin dalam hatinya "kok wong iki neh :D" maklum dari tahun 2012 sejak kepemimpinannya menang pilkada, kami mendekat untuk meyakinkan bahwa kami tidak main - main untuk kegiatan ini. Namun beliau baru percaya saat - saat ini ketika kami menelusuri Kabupaten Batang, Juara Krenova, dan kegiatan nasional lainnya.



Oh ya tahun 2015 nanti kami mewakili Krenova di Provinsi do'akan ya semoga dapat yang terbaik :)