Jumat, 26 April 2013

Makna Apel Pagi dan Lagu Wajib Nasional

Berbekal materi sosialisasi kegiatan OSIS dan Klub Minat dan Bakat untuk OSIS Se Kabupaten Batang yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Batang, aku mencoba mengimplementasikan di SMK N 1 Batang. Aku mencoba mengembangkan materi itu agar mudah diterima oleh semua warga SMK N 1 Batang. Beberapa yang diimplementasikan adalah penambahan seksi bidang dari 8 menjadi 10 untuk masa bakti berikutnya, apel bendera setiap pagi dan sore, dan pemutaran lagu wajib nasional walaupun saat itu tidak setiap hari memutarnya.


Kenapa Apel Pagi dan Lagu Wajib Nasional?

Aku belajar dari pengamatan terhadap militer. Militer akan digenjot untuk dapat siap tepat waktu. Militer selalu melakukan apel sebelum melaksanakan tugas. Dalam apel tersebut akan ada pemeriksaan kelengkapan personil sehingga tidak terjadi kekurangan logistik selama di lapangan.

Dari itu aku mencoba mengimplementasikannya dengan menanamkan nasionalismenya menggunakan Bendera Merah Putih. Sebagai pengurus OSIS yang baik seharusnya sebelum mengajak teman lain harus memberikan contoh yang diharapkan. Contoh tersebut adalah apel bendera setiap pagi. Setelah itu ada pemeriksaan atribut OSIS sehingga akan terjaga ketertibannya, dan ketika melaksanakan razia terhadap siswa lain dapat menjadi contoh.

Apel Bendera harapannya di tahun berikutnya saat OSIS Masa Bakti berikutnya akan melibatkan seluruh siswa kelas 10, bertahap tiap tahunnya hingga mencakup seluruh siswa kelas 10, 11, dan 12. Sehingga semuanya terkontrol agar masuk pagi untuk melaksanakan itu. Akan tetapi hingga sekarang (2013) itu belum dapat dilaksanakan.

Lagu Wajib Nasional menjadi pilihan yang diimplementasikan sejalan dengan Apel Pagi. Saat itu hanya diputarkan dibeberapa kegiatan saja. Suatu hari Pak Gito menginstrusikan agar setiap kegiatan diputarkan  dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Lagu Wajib Nasional lainnya. Kemudian pada tahun 2011 mulai digerakkan setiap pagi dan setiap kegiatan menyanyikan lagu itu. Hingga sekarang (2013) pemutaran lagu ini diteruskan.

Dengan Apel Bendera di pagi hari dan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional nasionalisme dan disiplin dapat tertanam. Semoga dapat tetap dilaksanakan dan dikembangkan agar dapat diterima seluruh siswa SMK N 1 Batang.