Jumat, 26 April 2013

Komputer Baru untuk Masa Jabatan Baru dan Seterusnya

Sejak resmi menerima Jabatan dari Sutrisno, aku mulai mengerjakan kegiatan demi kegiatan yang pernah disusun pada saat malam yang dihadiri oleh segenap pengurus OSIS masa bakti 2008/2009, pengurus OSIS masa bakti 2007/2008, dan perwakilan ekstrakurikuler yang memiliki garis koordinasi dibawah seksi bidang OSIS. Pada waktu itu hanya ada 8 seksi bidang (KTTYME, PPBN, KBBN, BPPK, KDK, KBPL,  PAKS, KJDK) dan 8 ekstrakurikuler (TAKLIM, PASSUS, PKS, PRAMUKA, PA, PMR, KESENIAN, OLAHRAGA).

Ada beberapa program kerja yang akan dijalankan dalam 1 tahun itu. Di luar program kerja tersebut ada beberapa tawaran dari beberapa operator untuk mengadakan kerjasama dengan bungkusan acara berupa lomba. Saat itu yang diajak untuk berkomunikasi dengan promotor salah satu operator adalah aku dan Sugiharto. Kami di ajak ngobrol beberapa point yang salah satunya menanyakan "Jika menang, inginnya hadiah apa?" dengan spontan dan lugas kami meminta Komputer dengan alasan komputer kami rusak dan tidak bisa digunakan secara normal.

Setelah membicarakan itu ternyata lomba yang dimaksud adalah mengumpulkan member operator selular tersebut, siapa yang terbanyak maka berhak mendapatkan hadiah utamanya. Kami berlomba dengan beberapa sekolah pilihan di Karesidenan Pekalongan. Kami berusaha untuk mendapatkan komputer karena memang kami butuh komputer itu. Akhirnya kami berhasil mengumpulkan sekitar 300 nomor dari siswa dan guru SMK N 1 Batang. Kami saat itu berpikir sedikit picik dengan mengerahkan semua nomor yang masuk jaringan operator yang dilombakan dari hp-hp siswa SMK N 1 Batang, baik itu bapak/ibu/teman/kenalan semuanya didaftarkan sebagai member SMK N 1 Batang. Hingga jumlah member terakhir mencapai angka 400.

Komputer untuk kegiatan OSIS biasanya dialokasikan dari pihak sekolah berupa komputer jadul dan kadang sudah tidak waras. Sehingga untuk menyimpan dokumen dan mengerjakan administrasi sangat sulit. Beberapa kali kami menukarkannya dengan yang ada di Lab Komputer akan tetapi keadaanya sama saja. Saya dan Sugiharto sangat semangat untuk memenangkan lomba yang diadakan operator itu sehingga kami harus memenangkannya. Mungkin keadaannya akan berbeda jika komputer di Ruang OSIS itu bisa digunakan dengan normal.

Beberapa kali kami diajak pihak promotor operator untuk berbuka puasa saat itu untuk membahas kegiatan Gathering OSIS sekaligus mengumumkan hasil perlombaan. Saat itu kami diajak kesebuah restoran yang cukup mewah. Kami disuguhkan dengan daftar makanan yang semuanya asing. Aku dan Sugiharto memanglah anak desa yang tidak pernah masuk ke restoran seperti itu. Akhirnya seperti di TV TV kami memilih makanan yang paling mahal dan belum pernah kami makan. Terpilihlah Spaghetti, yaitu makanan mie kenyal yang besar-besar dengan saus kental di atasnya. Pihak promotor sempat menanyakan dengan penuh tidak yakin "Yakin hanya itu, mau tambah nasi atau tidak?". Kami jawab tidak dengan penuh percaya diri. Setelah makanan datang, kami langsung memakannya dengan sedikit rakus karna waktu buka puasa memang telah lama berlalu. Kami baru tahu kalo saus Spaghetti itu rasanya aneh, mungkin memang tidak enak bagi lidah ku dan Sugiharto yang merupakan lidah ndeso. Namun dengan sedikit penyesalan dan mencoba menutupi rasa tidak enak itu kami mencoba memakannya dengan meyakinkan.

Gathering dilaksanakan di pertengahan bulan Puasa. Semua pengurus OSIS dari berbagai sekolahan pilihan datang. Saat itu juga dilaksanakan lomba kesenian ramadhan. Kami mengeluarkan drama dan lain sekolah hanya bermain musik. Cukup meriah, drama yang kami rekam menggunakan kaset tape itu mendapatkan respon baik dari pimpinan Promotor Operator.

Pengumuman lomba di acara Gathering itu tiba. Kami mendapatkan juara 1 untuk member terbanyak dan juara 1 untuk pementasan kesenian terbaik. Kami berhak membawa pulang komputer baru untuk kegiatan OSIS selama 1 tahun masa jabatan dan masa bakti berikutnya. Ternyata dengan niat yang baik maka akan mendapatkan hasil yang baik juga. Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih untuk seluruh warga SMK N 1 Batang yang telah membantu untuk menjadi dan mencarikan member kartu operator tersebut.

Penerimaan Hadiah Komputer