Jumat, 26 April 2013

Aku Dikenalkan dengan Forum Anak

Sekitar bulan Oktober 2008, saat itu masih menjabat sebagai Ketua Umum 1 OSIS aku diberikan tugas untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan di Argo Tlogo, Salatiga. Aku bersama Infan Priyo Susilo (Ketua Bantara SMK N 1 Batang) berangkat bersama menggunakan mobil Pak Amir Hidayat (Pembina OSIS). Kami atas nama Kabupaten Batang berkumpul di Argo Tlogo dengan bekal pengetahuan bakal diajarkan kepemimpinan.


Saat materi perkenalan aku merupakan anak yang beruntuk karena sempat ditanya untuk apa disini? Aku menjawab dengan percaya diri membaca spanduk yang ditempel di dinding utama tempat duduk moderator. "Pelatihan Teknik Berorganisasi dan Komunikasi Bagi Perwakilan Anggota Forum Anak Provinsi Jawa Tengah". Tanda tanya besar ("?") apa itu Forum Anak? Dan aku sadar bahwa kedatanganku ini adalah untuk Forum Anak. Disitulah aku mulai mencari tahu apa itu forum anak?

Aku dan Infan bertemu dengan Anggita dan Lina. Mereka aktifis anak dari Rembang yang tergabung dalam OBOR (Organisasi Bocah Rembang) dari mereka kami dibukakan mata tentang forum anak. Beberapa pengisi acar dari sebuah yayasan anak juga sangat berkompeten hingga kami lebih sedikit banyak tahu tentang masalah anak, hak anak, dan penyelesaiannya.

Mulai kegiatan itu aku tergugah untuk mengimplementasikannya dengan membuat Forum Anak sejenis di tingkat Kabupaten Batang. Hingga kini Forum Anak di Kabupaten Batang dinamai dengan FORANTANG (Forum Anak Kabupaten Batang). FORANTANG telah tercatat sebagai forum anak di beberapa Web Yayasan dan Forum Anak lainnya.

Hingga kini aku berpikir bagaimana agar anak dapat berpartisipasi dalam pembangunan daerahnya. Untuk masalah anak jujur hingga kini aku belum memiliki waktu yang cukup untuk mengatasinya.

Diskusi Regu

Diskusi Kelompok Kecil

Berbicara Dengan Forum

Olahraga

Olahraga